Cari Blog Ini

Translate

Jumat, 28 Agustus 2015

Sejarah Surveilans

         
 Surveilans merupakan salah satu unsur penting di dalam program pencegahan penyakit, baik penyakit menular maupun penyakit tidak menular, informasi dari hasil surveilans dapat dipakai sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam penyusunan perencanaan pencegahan, penanggulangan dan pemberantasan penyakit, upaya penerapan (implementaion) serta evaluasi tindakan (intervensi) program kesehatan masyarakat. Selanjutnya data surveilans juga dapat dipakai pada beberapa kepentingan misalnya dalam penentuan perioritas kegiatan kesehatan masyarakat maupun untuk menilai efektifitas kegiatan.
                Sesudah perang dunia II, ilmu kesehatan pada umumnya dan bidang epidemiologi khususnya, berkembang dengan pesat. Banyak negara telah dibebaskan dari penyakit-penyakit menular berbahaya sebagai hasil dari kemajuan tersebut. Pada program pemberantasan penyakit-penyakit menular mutlak diperlukan data penyakit untuk dipakai sebagai dasar perencanaan program. Untuk menilai (evaluation) keberhasilan program, dapat dilakukan dengan cara mengukur dampaknya terhadap penyakit-penyakit yang masuk dalam program pemberantasan. Data yang diperlukan tidak terbatas pada data tentang penderita saja akan tetapi kita juga harus mengumpulkan keterangan-keterangan tentang tempat dan waktu kejadian dan faktor-faktor lain yang berhubungan dengan penyakit itu sendiri. Selanjutnya bila kita telah mengenal penyakit tersebut maka dapat dibuat suatu perencanaan tindakan yang paling efisien dan efektif.

A. Sejarah Singkat Perkembangan Surveilans
Pada awalnya surveilans hanya berkaitan dengan penyakit yang mengancam jiwa manusia saja, sehingga kematian karena penyakit tertentu saja yang menjadi perhatian pada saat itu.

a. Pada abad 14 dan 15
    Sekitar tahun 1348 di Eropa terjadi epidemic atau wabah penyakit pneumonia karena pes dan dikenal dengan istilah " Black Death" untuk itu dilakukan deteksi terhadap penyakit tersebut dan ini merupakan tindakan yang dapat dianggap sebagai kegiatan surveilans yang dilakukan secara primitive oleh suatu negara di benua Eropa untuk pertama kalinya.

b. Pada Abad ke 16
    Pencatatan kematian mulai dilakukan di beberapa kota besar di negara-negara Eropa. Namun demikian baru beberapa abad kemudian, oleh John Graunt memperkenalkan manfaat hasil pencatatan secara ilmiah.

c. Pada Abad Ke 17
    Pada zaman tersebut, pencatatan kematian yang dilakukan secara sporadis dan hanya dilakukan bila ada wabah pes, mulai ditertibkan. Laporan mingguan secara ilmiah disusun pertama kalinya oleh John Graunt pada tahun 1662. Laporan ini membuat informasi tentang jumlah penduduk London dan jumlah yang meninggal karena sebab tertentu. Dengan demikian john Graunt adalah orang pertama kali mempelajari konsep jumlah dan pola penyakit secara epidemiologi.

d. Pada Abad 18
    Johann Peter Frank (1776) melaksanakan tindakan surveilans dengan mangangkat polisi kesehatan Jerman, yang tugasnya berkaitan dengan pengawasan kesehatan anak sekolah, pencegahan kecelakaan, pengawasan kesehatan ibu dan anak dan pemeliharaan sanitasi air serta limbah. Tahun 1741 negara bagian Rhode Island mengeluarkan peraturan bahwa pegawai restoran wajib melaporkan penyakit menular yang diderita oleh rekan-rekannya. Dua tahun kemudian, negara bagian ini menyetujui keharusan lapor bagi penderita cacar, demam kuning dan cholera.

e. Pada Abad 19
    William Farr dikenal sebagai penemu konsep surveilans secara modern. W. Farr bertugas mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menginterpretasikan statistic vital serta menyebar luaskan hasilnya dalam bentuk laporan mingguan, bulanan dan tahunan. Tindakan ini diikuti oleh beberapa rekannya. Karena jasa-jasanya tersebut W.Farr dikenal sebagai bapak pendiri konsep surveilans secara modern.

f. Pada abad 20
    Pada abad ini, pemakaian konsep surveilan untuk pendeteksian epidemi dan pencegahan penyakit untuk dikenal. Pada tahun 1889 Inggris Raya mulai mengeluarkan peraturan wajib lapor penyakit-penyakit infeksi. Pada saat ini jenis-jenis penyakit yang harus dilaporkan di Amerika Serikat bertambah banyak, termasuk HIV/AIDS positif. Pada tahun1965 didirikan Unit surveilans Epidemiologi pada divisi penyakit menular di WHO Pusat, Genewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar